Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Perjalanan? Begini Cara Download Kartu / Sertifikat Vaksinasi Covid-19.

Setelah vaksinasi Covid-19, peserta akan mendapatkan sertifikat fisik vaksin Covid-19 dalam bentuk kartu, atau dalam bentuk non fisik yaitu dalam bentuk digital. Jika seseorang menerima dua tahap vaksinasi pada saat yang sama, dua sertifikat akan diperoleh. Jika peserta telah divaksinasi Covid-19, dua sertifikat vaksin Covid-19 ini dapat digunakan sebagai bukti. Beberapa vaksinator mungkin ingin mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 sebagai dokumen lengkap. Seperti kita ketahui bersama, selama pelaksanaan PPKM Darurat mulai 3 hingga 20 Juli 2021, pemerintah mewajibkan sertifikat vaksin COVID-19 sebagai syarat perjalanan jarak jauh (pesawat, bus, kereta api) di dalam negeri.

Kartu vaksin Covid-19 terendah yang ditampilkan adalah Dosis I. Selain kartu vaksin, penumpang juga perlu membawa dokumen negatif antigen swab (H-1), atau negatif PCR swab (H-2) untuk transportasi udara. Cara download sertifikat vaksin Covid-19 dan cara print sertifikat vaksin Covid-19 sendiri sangat sederhana. Anda dapat mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 terlebih dahulu, kemudian mencetak sertifikat vaksin Covid-19.

Lantas, bagaimana cara mengunduh sertifikat vaksin Covid-19? Berikut 3 cara download sertifikat vaksin Covid-19.

Download Sertifikat Melalui SMS :

Peserta yang telah divaksinasi Covid-19 akan menerima SMS dari 1199 yang menyatakan bahwa mereka telah berhasil mengikuti vaksinasi tahap pertama. SMS tersebut berisi nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksin dan jadwal pemberian vaksin dosis kedua, serta tanggal dan tempat vaksinasi. Pesan singkat tersebut juga menyertakan tautan untuk melihat sertifikat vaksin digital sebagai bukti bahwa vaksin pertama telah selesai dibuat.

Unduh sertifikat vaksin dari situs PeduliLindungi Selain mendaftar, Anda juga dapat mengunjungi situs resmi PeduliLindungi untuk mengunduh sertifikat vaksin Covid-19. Berikut ini adalah metodenya. 

1. Klik link berikut https://pedulilindungi.id/ untuk mengunjungi situs PeduliLindungi
2. Pada halaman beranda, pilih opsi "Lihat tiket dan sertifikat vaksinasi".
3. Setelah mengklik, sistem akan meminta Anda untuk memasukkan nomor ponsel Anda yang terdaftar untuk menjalankan rencana vaksinasi.
4. Selanjutnya masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS untuk melanjutkan proses verifikasi.
5. Setelah berhasil login, klik menu "Vaccine Certificate" di sebelah kiri.
6. Sertifikat vaksin Covid-19 tahap pertama dan kedua akan muncul kemudian.
Setelah mengikuti langkah cara download tersebut , Anda langsung bisa  mencetak sertifikat vaksin Covid-19

Perlu di ingat sudah VAKSIN bukan berarti KEBAL dan lalai akan PROKES 

0/Post a Comment/Comments