Facebook Mulai Masuki Bisnis Real Estate, Bangun Kota Bernama Willow Village!

Facebook mulai mengakar di dunia nyata. Jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg menciptakan proyek real estate bernama Willow Village di dekat markas besarnya di Menlo Park, California.

Proyek Willow Village dilengkapi dengan supermarket, restoran, toko dan hotel dengan 193 kamar. Willow Village berencana menjadi kota Facebook, dengan total 1.729 apartemen di lokasi, termasuk 320 rumah terjangkau dan 120 apartemen lansia.

Mengutip dari laman Architectural Digest, Selasa (13/7/2021), situs seluas 59 hektare itu kini menjadi kompleks industri dan penelitian sebagai bagian dari kerja sama antara Facebook dan Signature Development Group.

Signature adalah pengembang real estat yang terkenal dengan proyek komersial, perbelanjaan, dan perumahan serba guna Hive di Auckland.

Untuk referensi Anda, desain Willow Village sendiri cocok untuk berjalan kaki, dengan jalur sepeda, trotoar lebar dan ruang hijau publik yang luas.

Rencana proyek juga dilengkapi dengan gedung perkantoran modern seluas 1,25 juta kaki persegi, termasuk area kubah kaca besar sebagai area kolaborasi.

"Facebook ingin memodernisasi dan membawa proyek ini ke abad ke-21," kata Mike Ghielmetti, Presiden Signature Development.

Raksasa jejaring sosial ini memiliki versi cetak biru proyeknya sendiri, yang telah mengurangi ruang kantor sebesar 30% dan menambahkan 200 apartemen.

Facebook sangat setuju untuk memprioritaskan pembangunan toko kelontong serta fasilitas lain terbuka untuk non-karyawan.

John Tenanes, wakil presiden real estate Facebook, mengatakan: "Kami sangat berkomitmen untuk menjadi tetangga yang baik di Menlo Park. Kami telah mendengarkan banyak masukan dari komunitas."

Ruang ritel seluas 200.000 kaki persegi akan mencakup kafe dan apotek yang dibangun di sekitar alun-alun kota. Willow Village tidak akan menjadi komunitas eksklusif bagi karyawan Facebook.

Sebelumnya, Facebook telah memberikan hadiah $10.000 kepada karyawan yang tinggal dalam jarak 10 mil dari kantor pusatnya di Silicon Valley.

Untuk referensi Anda, Facebook bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang mengembangkan kotanya sendiri. Sebelumnya, Google telah memperoleh izin dari Dewan Kota San Jose untuk membangun kota tersebut.

Kota Google ini akan berlokasi di San Jose, seluas 80 hektar. Kota ini menyediakan perumahan, toko, dan pusat budaya. 4.000 unit rumah, 300 kamar hotel, dan 800 kamar tamu untuk tamu perusahaan Google akan dibangun.

Rencananya akan mulai dibangun tahun depan, dan Google akan menginvestasikan setidaknya $1 miliar untuk mengembangkan real estatnya.

0/Post a Comment/Comments